Selasa, 03 Desember 2013

TIPS BELAJAR BING



Tips Belajar Bahasa Inggris

Skill apa yang paling penting dalam bahasa Inggris? Skill apa yang harus kamu miliki untuk bisa berkomunikasi dengan baik?
Sudah jelas, skill terpenting itu adalah kefasihan. Apa yang dimaksud dengan kefasihan?
Kefasihan adalah kemampuan untuk berbicara dengan mudah pada native speaker, mereka bisa memahami mu dengan mudah, dan kamu bisa memahami mereka dengan mudah.
Jika kamu sudah fasih berbahasa Inggris, berarti kamu akan bisa berbicara dan memahami bahasa Inggris secara otomatis. Dalam mempelajari bahasa Inggris, kefasihan adalah target yang sangat penting.
Apakah kamu ingin bisa berbahas Inggris dengan fasih?
Nah, tips-tips berikut ini mungkin bisa membantu untuk mencapai target tersebut.
Tips belajar bahasa Inggris 1: Identifikasi Motivasi dan Hasrat Mu.
Untuk bisa belajar bahasa Inggris dengan cepat dan mudah, kamu perlu mengetahui apa motivasi mu. Tanyakan pada diri mu sendiri mengapa kamu ingin belajar bahasa Inggris.
Pahami motivasi mu, entah itu untuk membantu mendapatkan pekerjaan yang lebih baik atau untuk memudahkan mu dalam berkomunikasi dengan orang asing.
Dengan memahami motivasi mu, itu akan membantu mu untuk lebih tekun dalam mempelajari bahasa Inggris.
Tips belajar bahasa Inggris 2: Sadari bahwa Bahasa Inggris itu Sebenarnya Mudah.
Apakah menurut mu bahasa Inggris itu sulit? Jika iya, maka kamu tidak akan pernah bisa belajar bahasa Inggris dengan baik. Tapi dengan bahasa apa kamu membandingkannya?
Jika kamu merasa bahwa bahasa Inggris itu lebih sulit dibanding bahasa Arab misalnya, lalu bagaimana kamu bisa tahu hal itu jika belum pernah berbicara dalam bahasa Inggris?
Kunci untuk menguasai bahasa Inggris adalah dengan menyadari bahwa bahasa Inggris itu sebenarnya mudah. Apakah bahasa Inggris itu sama rumitnya dengan ilmu bedah otak atau quantum mekanik?
Tidak. Bahasa Inggris hanyalah bahasa asing, sesuatu yang bisa diucapkan dengan sangat mudah oleh jutaan orang diseluruh dunia, tanpa perlu berpikir lagi.
Mereka yang sangat fasih berbahasa Inggris memperlakukan bahasa Inggris sebagai sesuatu yang biasa, bukan sesuatu yang luar biasa, apalagi sesuatu yang menakutkan.
Bahasa Inggris hanyalah sebuah skill, sama seperti mengendarai motor atau mobil. Bahasa Inggris adalah sesuatu yang bisa kamu kuasai. Dan kamu bisa menguasainya dengan mudah.
Yang diperlukan hanyalah sedikit usaha dan cara berpikir yang benar. Bahasa Inggris itu mudah.
Tips belajar bahasa Inggris 3: Sadari Bahwa Kamu Pasti Bisa Menguasai Bahasa Inggris.
Kamu pasti bisa berbahasa Inggris. Ras bukan masalah. Jutaan orang Indonesia bisa berbahasa Inggris dengan fasih, dan mereka berasal dari negara yang sama dengan mu. Dimana kamu lahir itu tidak masalah.
Di seluruh dunia, sebagian besar mereka yang fasih berbahasa Inggris mempelajarinya sebagai bahasa kedua, atau bahkan bahasa ketiga.
Dimana kamu tinggal itu juga bukan masalah. Tinggal di Amerika selama 5 tahun mungkin memang akan membuat mu bisa fasih dengan lebih cepat. Namun, dijaman internet, TV dan satelit seperti sekarang ini, adalah sesuatu yang sangat mungkin untuk bisa fasih berbahasa Inggris meski kamu tinggal di Indonesia.
Yang paling menentukan itu bukanlah dimana kamu tinggal, melainkan bagaimana cara mu berpikir.
Tips belajar bahasa Inggris 4: Selalu Pelajari dan Review Kalimat, Bukan Kata Demi Kata.
Bayangkan seandainya kamu bisa berbahasa Inggris secara otomatis… tanpa perlu lagi berpikir. Kata demi kata meluncur dari mulut mu dengan begitu mudah dan cepat. Kamu bisa memahaminya secara instant. Untuk bisa melakukannya, berarti kamu harus mengubah cara mu dalam mempelajari bahasa Inggris.
Yang pertama kali harus kamu lakukan adalah berhenti mempelajari kata-kata dalam bahasa Inggris. Berhentilah mempelajari kata-kata dalam bahasa Inggris. Itu benar, jangan menghapal kata-kata. Orang Inggris, tidak mempelajari bahasa Inggris dengan cara menghapal kata-kata. Mereka mempelajari kalimat.
Kalimat adalah sekelompok kata yang bergabung secara natural. Jangan pernah mempelajari kata, satu demi satu. Jangan pernah. Saat kamu menemukan sebuah kata baru, selalu tuliskan kalimat yang menyertainya. Selalu. Saat kamu mereviewnya, selalu review dalam kalimat utuh… bukan kata per kata.
Kumpulkan kalimat. Maka kemampuan speaking dan grammar mu akan meningkat 4-5 kali lebih cepat. Jangan pernah lagi mempelajari kata demi kata. Jangan pernah menuliskan satu kata di dalam buku catatan, selalu tuliskan dalam kalimat yang lengkap. Pelajari kalimatnya saja.
Tips belajar bahasa Inggris 5: Berhenti Mempelajari Grammar, Saat ini Juga.
Stop. Singkirkan semua buku grammar dan textbook. Aturan-aturan grammar cuma bisa mengajari mu untuk berpikir tentang bahasa Inggris. Padahal yang kamu inginkan adalah untuk bisa berbicara dalam bahasa Inggris secara otomatis, tanpa perlu berpikir lagi.
Berbicara itu adalah meniru. Saat berbicara dalam bahasa Indonesia, kamu tidak membuat grammar, vocabulary, dan pronounciation mu sendiri. Yang kamu lakukan hanya memanfaatkan grammar, vocabulary dan pronounciation yang sama dengan yang digunakan oleh orang-orang disekitar mu.
Begitu juga saat kamu ingin bisa berbahasa Inggris. Yang kamu lakukan adalah meniru grammar, vocabulary, dan pronounciation dari orang lain, sehingga bahasa Inggris mu akan menjadi benar dan natural. Bahasa Inggris adalah bahasa kata-kata, bukan bahasa grammar.
Tips belajar bahasa Inggris 6: Dengarkan Dulu.
Untuk memahami bahasa Inggris, pertama-tama kamu harus mendengarkan. Kamu harus mendengarkan bahasa Inggris setiap hari. Jangan membaca textbook. Dengarkan bahasa Inggris. Itulah yang menjadi kunci untuk kesuksesan mu. Berhentilah membaca textbook. Mulailah mendengarkan setiap hari.
Belajarlah dengan telinga mu, bukan dengan mata mu. Disekolah, umumnya, kamu belajar bahasa Inggris dengan mata mu. Kamu membaca textbook. Kamu mempelajari berbagai aturan grammar.
Dengarkan pelajaran bahasa Inggris diperjalanan. Cari bahan-bahan pelajaran bahasa Inggris yang berbentu audio sebanyak mungkin. Dengarkan semuanya, sesering mungkin.
“Tapi aku kan sibuk!” katamu, dan aku bisa mengerti itu. Itulah mengapa aku menyarankan mu untuk mendengarkannya diperjalanan menuju sekolah atau kampus, entah di dalam mobil atau melalui mp3 player.
Manfaatkan waktu-waktu tersebut. Lakukan setiap hari dan dalam waktu singkat kamu akan bisa melihat berapa banyak yang sudah kamu kuasai.
Ingat, jika kamu banyak mendengarkan bahasa Inggris setiap hari, maka skill listening mu akan meningkat. Untuk meningkatkan skill percakapan, pastikan kamu untuk meniru apa yang kamu dengarkan.
Mana yang ingin kamu pilih, seseorang yang pandai mendengarkan saja? Atau seseorang yang pandai mendengarkan dan berbicara dalam bahasa Inggris?
Tips belajar bahasa Inggris 7: Berbicara Tanpa Rasa Takut.
Masalah terbesar yang dihadapi oleh banyak orang saat mempelajari sebuah bahasa baru adalah ketakutan mereka sendiri. Mereka takut nantinya akan mengucapkan sesuatu yang salah, atau mereka akan terlihat bodoh, sehingga mereka sama sekali tidak mau berbicara.
Padahal, cara tercepat untuk mempelajari apapun adalah dengan melakukannya, berulang-ulang, sampai kamu menguasainya dengan benar. Sama seperti hal lain, untuk belajar bahasa Inggris itu memerlukan latihan.
Jangan biarkan rasa takut menghentikan mu untuk mendapatkan apa yang kamu inginkan.
Tips belajar bahasa Inggris 8: Berbicaralah Sebanyak yang Kamu Bisa.
Sekarang kamu sudah terbiasa mendengarkan dan berbicara dalam bahasa Inggris setiap hari, dan kamu sudah semakin menguasainya. Untuk mencapai tingkat berikutnya, berarti kamu perlu untuk mempraktekkannya sesering mungkin. Jangan takut, itu mudah! Melalui internet misalnya.
Tips belajar bahasa Inggris 9: Belajar Secara Perlahan dan Mendalam, itu Lebih Baik.
Jika kamu banyak mempelajari kalimat dalam waktu singkat, maka yang bisa kamu pelajari hanya sedikit dan dangkal. Itulah mengapa kamu cepat mudah melupakan kalimat.
Itulah mengapa kamu tidak bisa menggunakannya. Rahasia untuk belajar bahasa Inggris dengan mudah adalah dengan mempelajari kata dan kalimat secara mendalam.
Mengetahui defenisinya saja itu tidak cukup. Itu tidak akan cukup untuk membuat mu ingat saat menjalani test. Aku harus mengingatnya secara mendalam.
Untuk berbicara dalam bahasa Inggris dengan mudah, kamu harus sering mengulangi semua yang sudah dipelajari. Kamu harus belajar bahasa Inggris secara mendalam.
Tips belajar bahasa Inggris 10: Lihat Diri Mu di Masa Depan.
Jika kamu tidak punya hobby atau kesenangan, cobalah ide berikut ini. Bayangkan dirimu berada di masa depan. Saat itu, kamu sudah bisa berbahasa Inggris dengan fasih. Kamu sedang berbicara dengan seseorang. Bisakah kamu membayangkannya? Siapa orang itu? Apakah president Amerika? Apakah pimpinan mu? Britney Spears? David Beckham?
Saat itu, kamu sedang tertawa dan bercanda. Kamu mengerti semua yang mereka katakan. Mereka juga mengerti apa yang kamu katakan. Kamu sedang menikmati saat-saat yang menyenangkan. Kamu sedang berbicara dalam bahasa Inggris dengan fasih. Lihatlah di kaca. Itulah diri mu.
Simpan imajinasi ini baik-baik, jadikan itu sebagai target mu. Belajarlah tiap hari untuk membuatnya menjadi kenyataan.
Tips belajar bahasa Inggris 11: Manfaatkan Semua Resources yang Ada.
Meski kamu harus belajar bahasa Inggris di sekolah, namun bukan berarti kamu tidak boleh belajar diluar kelas. Dengan memanfaatkan sumberdaya, metode, dan sarana yang ada sebanyak mungkin, maka kamu akan menguasai bahasa Inggris dengan lebih cepat.
Ada banyak cara untuk menigkatkan kemampuan berbahasa Inggris mu. Jadi, jangan membatasi diri dengan satu atau dua cara saja. Internet adalah sarana yang fantastik untuk mempelajari apapun, apalagi untuk belajar bahasa Inggris.
Hal lain yang harus kamu lakukan saat belajar cara berbicara dalam bahasa Inggris adalah memastikan bahwa kamu akan memanfaatkan semua sumber daya yang kamu miliki. Meski banyak orang yang mengambil kursus bahasa Inggris, namun mereka mengabaikan internet.
Padahal, internet adalah sumberdaya terhebat untuk mempelajari bahasa. Bukan cuma karena disana kamu bisa melatih kemampuan membaca, namun disana juga banyak sekali tersedia file-file audio yang bisa didownload, dan contoh-contoh soal yang bisa membantu mu untuk belajar bahasa berbicara dalam bahasa Inggris.
Pemanfaatan sumberdaya itu adalah bagian yang sangat penting dalam mempelajari suatu bahasa dan jika kamu ingin membuat proses belajar jadi lebih mudah, memanfaatkan internet adalah ide yang sangat bagus.
Tips belajar bahasa Inggris 12: Kelilingi Dirimu Dengan Bahasa Inggris.
Cara terbaik untuk melatih otak dan memahami bahasa Inggris adalah dengan menyatukan diri sebanyak mungkin dan menenggelamkan diri ke dalamnya sedalam mungkin.
Buat catatan dalam bahasa Inggris, cari, pinjam, beli buku-buku berhasa Inggris, dengarkan siaran radio berbahasa Inggris, toton acara televisi, film, berita yang berbahasa Inggris.
Berbicaralah dengan teman dalam bahasa Inggris setiap kali memungkinkan. Semakin banyak materi yang kamu kumpulkan, semakin cepat kamu akan menguasainya dan semakin besar pula kemungkinan mu untuk mulai “berpikir dalam bahasa Inggris.”
Tips belajar bahasa Inggris 13: Rekam Diri Mu.
Tips lain untuk meningkatkan kemampuan membaca dan mendengarkan serta berbicara dalam bahasa Inggris adalah membaca dengan keras. Sambil membaca, rekam suara mu. Kemudian dengarkan rekaman tersebut sambil membaca ulang bahan bacaan.
Dengan merekam dan mendengarkan suara mu, maka dalam waktu singkat kamu akan terbiasa untuk mendengarkan diri mu berbicara dalam bahasa Inggris. Saat kamu sudah terbiasa mendengarkan diri mu berbicara dalam bahasa Inggris, maka bahasa Inggris akan terasa lebih natural. Ini akan membuat mu jadi lebih mudah untuk berbicara dalam bahasa Inggris.
Tips belajar bahasa Inggris 14: Lupakan Menulis.
Kamu tidak perlu belajar menulis. Seberapa sering kamu berkomunikasi dengan berbicara atau mendengarkan? Seberapa sering kamu membaca dan menulis?
Posri yang sama juga seharusnya kamu gunakan saat mempelajari bahasa Inggris. Bagi sebagian besar orang, 90% waktu mereka sebaiknya digunakan untuk belajar berbicara dan mendengarkan. Ini adalah kabar yang menyenangkan karena itu berarti kamu bisa belajar lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat.
Fokuskan saja perhatian mu pada kemampuan berbicara dan mendengarkan.
Tips belajar bahasa Inggris 15: Ulangi! Ulangi! Ulangi!
Jika kamu mengulangi, maka kemampuan belajar mu akan meningkat sebanyak 100%. Apa yang dimaksud dengan mengulangi? Mengulangi artinya “meninjau ulang.” Gunakan metode yang sistematis. Saat kamu mempelajari sesuatu, kamu harus mencatatnya. Kemudian, “tinjau ulang” sebanyak 3 kali: setelah satu hari, setelah satu minggu, dan setelah 1 bulan. Setiap kali kamu meninjau ulang, test diri mu!
Tips belajar bahasa Inggris 16: Sedikit demi Sedikit, Bekerjalah dengan Cerdas, Bukan Keras.
Research menunjukkan bahwa belajar sedikit demi sedikit itu lebih efektif. Jadikan belajar bahasa Inggris sebagai bagian dari rutinitas dan jangan biarkan diri mu untuk melupakan apa yang sudah dipelajari.
Pandanglah setiap hari sebagai suatu kesempatan extra untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris mu. Jadikan sebagai rutinitas. Lakukan sedikit English setiap hari dan kamu akan menguasainya.
Jika kamu memutuskan untuk belajar bahasa Inggris 20 jam per hari, apakah kamu akan menguasainya?
Nah, bagaimana jika 20 jam itu kamu habiskan untuk berlatih basket misalnya?
Pada awalnya, kamu mungkin akan melihat perkembangan. Namun setelah beberapa lama, kamu akan merasa kelelahan. Meski setiap menit yang kamu tambahkan akan memberi pengaruh, namun setiap menit harus diperhitungkan.
Dari pada hanya memfokuskan pada jumlah waktu, atau melihat seberapa banyak program audio yang sudah kamu dengarkan, lebih baik bekerjalah dengan lebih cerdas dari pada bekerja keras.
Berlatih bahasa Inggris selama 5 menit dengan konsentrasi penuh itu lebih baik dari pada belajar grammar selama 100 jam.
Waktu mu itu berharga, kamu tidak akan pernah mendapatkannya kembali. Jadi, bekerjalah dengan cerdas, bukan bekerja keras. Bahkan, belajar bahasa Inggris 30 menit per hari itu lebih baik dari pada belajar 5 jam perminggu.
Belajarlah dengan teratur.
Belajarlah lebih sering.
Sedikit + Sering itu lebih baik dari pada Banyak + Jarang.
Selain lebih baik juga lebih mudah. Kamu pasti bisa menyisihkan waktu 30 menit sehari dengan mudah. Caranya? Bangun 30 menit lebih awal. Atau, persingkat waktu makan siang. Jadikan itu kebiasaan, dan pertahankan!
Tips belajar bahasa Inggris 16: Berhati-hati Saat Membeli.
Saat membeli buku atau CD, belilah yang banyak dari berbagai versi. Alasannya adalah banyak buku bahasa Inggris di Indonesia yang ditulis oleh orang-orang yang tidak berbicara dalam bahasa Inggris, dan karena itulah banyak mengandung kesalahan.
Namun jika kamu membeli banyak buku dan CD, maka dalam waktu singkat kamu pasti akan tahu mana yang real English dan mana yang bukan. Belajar bahasa Inggris itu begitu cool, sehingga orang-orang akan begitu terkesan sehingga mengatakan “wow!” saat mereka mendengar mu berbicara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar